Alhamdulillah Ponpes Dar Maryam sukses melaksanakan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2023/2024.

Sebagaimana biasanya, pelaksanaan PPDB kali ini pun diselenggarakan di awal tahun. Pada tahun 2023 ini tes seleksi diselenggarakan secara bersamaan dengan menggabungkan calon santriwati baru tingkat SMP dan SMA.

Tes seleksi calon santriwati baru Ponpes Dar Maryam dilaksanakan, setelah selesainya masa pendaftaran baik online maupun offline yang dibuka semenjak tanggal 3 Januari sampai 15 Februari 2023. Setelah adanya kesempatan perpanjang masa PPDB di tahun ini.

Momen yang ditunggu tunggu pun tiba, masa pendaftaran pun ditutup. Tepatnya tanggal 17 s/d 19 Februari 2023 calon santriwati baru hadir perdana ke lingkungan pesantren dalam rangka mengikuti tes seleksi selama tiga hari.

Tes Seleksi Penerimaan Peserta Didik baru tersebut dimulai dengan acara pembukaan yang diselenggarakan di Aula Terbuka Pondok Pesantren Dar Maryam. Acara pembukaan dimulai pukul 08:00 WIB.

Acara tersebut resmi dibuka oleh Ustadz Khalil Akbar, S.Pd.I selaku Pimpinan Pondok Pesantren Dar Maryam binti Ibrahim, dalam sambutannya beliau menyampaikan “Pesantren Dar Maryam melaksanakan kegiatan PPDB dengan sistem karantina dan sudah berjalan selama empat tahun guna memperkenalkan lebih mendalam mengenai lingkungan pesantren Dar Maryam baik itu kepada wali dan seluruh calon santriwati baru”.

Materi yang diujikan ketika seleksi dan yang akan menjadi penilaian lulusnya para peserta adalah: 1. Perilaku peserta dalam keseharian selama 3 hari karantina.

2. Terus tes halqoh(Al-Qur’an)

3. Tes akademik

4. Tes Interview

Kemudian dilanjutkan interview para calon wali santriwati baru oleh segenap asatidzah juga pimpinan Ponpes Dar Maryam ikut menjadi penguji dalam interview tersebut.

Tujuan dari interview ini agar pengurus pesantren lebih mengenal dekat baik itu peserta didik maupun orang tuanya. Karena dalam perjalanan proses pendidikan kedepannya informasi yang didapat dari interview sangat mendukung suksesnya pelaksanaan belajar mengajar di ponpes Dar Maryam baik itu dilingkungan asrama dan juga lingkungan sekolah.

Saat ini panitia sedang mengevaluasi hasil tes dan wawancara untuk menentukan lulus tidaknya peserta tes tersebut. Adapun pengumuman kelulusannya insyaa Allah akan disampaikan secara online baik itu melalui grup WA atau media sosmed lainnya pada tanggal 26 Februari 2023.

Kuota Penerimaan Santri Baru di tahun 2023 ini sebanyak 95 peserta. Pada tingkat SMP berjumlah 70 santriwati dan tingkat SMA sebanyak 25 santriwati baru.

Alhamdulillah kuota peserta PPDB tahun ini sudah mencukupi, dengan demikian ponpes Dar Maryam tidak membuka gelombang kedua sebagaimana sebelumnya.

Semoga nantinya peserta yang sudah diluluskan dan resmi menjadi santriwati Dar Maryam agar Istiqomah belajar di pesantren sampai selesainya masa belajar hingga tuntas. Semoga para santriwati baru betah dan penuh semangat dalam menuntut ilmu di ponpes Dar Maryam.